21.2.11

VRMP-Virtual Reality Modeling Language :)

postingan kali ini merupakan postingan pertama saya pada semester 6 . mata kuliah grafik komputer 2 mengahruskan saya mempelajari materi ini .


apa itu VRML ? VRML (Virtual Reality Modeling Language) merupakan suatu bahasa pemrograman dan pemodelan objek-objek 3D yang kian hari kian diminati oleh para pengguna komputer diseluruh dunia. Bahasa ini memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk melakukan visualisasi objek-objek 3D yang relatif mudah dan biayanya murah melalui Internet tanpa harus membeli program perangkat lunak yang mahal seperti Macromedia Flash.

VRML mampu mewakili objek statis dan animasi dan dapat memiliki hyperlink ke media lain seperti suara, video, dan gambar. Interpreter (browser) untuk VRML secara luas tersedia untuk berbagai platform serta authoring tool untuk membuat file VRML. VRML mendukung model diperpanjang yang memungkinkan objek baru untuk menjadi pasti dan proses pendaftaran untuk memungkinkan masyarakat untuk mengembangkan aplikasi ekstensi interoperable dengan standar dasar.
Seiring dengan era globalisasi, peran VRML dalam pertukaran informasi ruang 3D melalui jaringan internet menjadi sangat penting. Selain itu, VRML dapat pula diaplikasikan dalam berbagai bidang pekerjaan atau profesi. Setiap VRML97 selalu diawali dengan header pada baris pertama, dan diikuti dengan perintah dasar VRML yaitu nodenode pada baris berikutnya, seperti bentuk di bawah ini.

#VRML V2.0 utf8
# Komentar isi file
TipeNode {
……………
……………
}

sejarah dar VRML itu sendiri adalah Realitas Virtual Modeling Language awalnya diciptakan sebagai upgrade untuk sebuah antarmuka pemrograman aplikasi grafis 3D yang disebut Open Inventor, yang dikembangkan oleh Silicon Graphics, Inc Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) bersertifikasi untuk digunakan Web dan menciptakan standar untuk 3D Web interface berdasarkan itu pada tahun 1994. Tahun berikutnya, Konsorsium Web3D diciptakan untuk mendefinisikan, dokumen dan standarisasi perkembangan masa depan VRML dan setiap bahasa pemrograman baru yang akan dikembangkan dari itu. Meskipun VRML masih fungsional dan tersedia untuk digunakan, secara resmi digantikan oleh bahasa lebih maju disebut X3D pada tahun 2004.

Anda dapat menggunakan VRML untuk membuat objek 3D untuk ditampilkan di situs internet melalui browser Web standar dengan memasukkan kode tertentu yang menunjukkan sifat-sifat suatu objek ke dalam sebuah file teks biasa yang dibuat dengan program seperti Microsoft Notepad. Kode yang Anda masukkan ke dalam file teks akan menentukan koordinat untuk masing-masing objek simpul sehingga Web browser tahu cara menggambar gambar.

fiturnya, Ada kode VRML yang dapat digunakan untuk mengubah warna gambar untuk naungan apapun yang browser Web adalah mampu menampilkan, atau menambahkan gambar bertekstur ke permukaan objek yang sebelumnya telah Anda upload ke website. VRML juga mampu membuat objek yang tampil transparan atau dari pemuatan beberapa gambar dari waktu ke waktu untuk memberikan tampilan animasi. Fitur lebih maju dari VRML meniru beberapa fungsi program yang lebih tinggi-end seperti Flash dengan memungkinkan Anda untuk mengatur gambar untuk berubah berdasarkan klik mouse atau waktu berlalu.

Standar dasar untuk VRML dijelaskan oleh ISO telah dimodifikasi oleh banyak individu dan organisasi untuk menyediakan fungsionalitas baru. Proyek open source yang disebut OpenVRML telah memodifikasi bahasa untuk memungkinkan untuk digunakan oleh sistem operasi dan browser Web yang kurang digunakan.Ada juga program pihak ketiga seperti “ALZip” atau “gzip” yang dapat digunakan untuk kompres objek 3D yang dibuat oleh VRML sehingga gambar pada beban situs lebih cepat.


Objek VRML
Setiap perintah pada VRML disebut dengan istilah node. Sebuah node dapat berupa perintah untuk membentuk sebuah objek, melakukan tindakan tertentu, atau memberi atribut pada objek. Objek sederhana adalah objek yang dapat langsung
dibuat tanpa harus menentukan titik-titik koordinatnya. Objek jenis ini terdiri dari:
- Kotak – Bola
- Silinder – Teks
- Kerucut

Implementasi Perangkat Lunak
Untuk membuat Pemodelan Virtual Reality Modeling Language (VRML) Dalam Mendukung Pemasaran Properti Secara OnLine diaplikasikan ke sebuah komputer dengan software pendukung: Software yang digunakan untuk menjalankan
program ini yaitu:

1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP.
2. Perangkat Lunak Aplikasi

Program aplikasi yang digunakan untuk mendukung Pemodelan VRML (Virtual Reality Modeling Language) Dalam Mendukung Pemasaran Properti Secara On-Line ini adalah :
a. PHP Triad
b. Macromedia Dreamweaver 2004
c. Web Server yang digunakan Apache
d. VRMLPad
e. VRMLBrowser

- Pemodelan VRML
Berikut ini adalah salah satu contoh objek rumah tipe A 86/130, yang akan dibuat menggunakan pemodelan VRML.
-Analisis Kinerja Perangkat Lunak
Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap objek rumah yaitu tipe A 86/130 dengan nama file TipeA.wrl yang berkapasitas 291 KB dapat berjalan dengan VRML browser Cosmo Player 2.1.1 dalam waktu kurang dari 5 detik pada saat file .wrl diklik sampai objek rumah dapat terlihat secara keseluruhan.

Sumber:
http://www.ehow.com/about_4682422_what-virtual-reality-modeling-language.html

journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1367/1147

http://www.acm.org/tsc/vrml.html

No comments:

Post a Comment