22.12.10

membuat kursi dari blender

Pada bagian pertama dari Belajar Blender 2,5 kita membahas antarmuka dan tata letak dan bagaimana aplikasi pada dasarnya terdiri dari sejumlah elemen kunci. Pada bagian kedua menavigasi sekitar adegan menggunakan cara pintas keyboard penting dan kontrol mouse dibahas.

Pada bagian ketiga baik bagian sebelumnya akan dihukum gunakan di seluruh proses pembuatan model dapur kursi sederhana, sepanjang jalan fitur tambahan, tindakan, tombol kontrol dan konteks informasi sensitif lainnya akan dibawa ke dalam bermain seperti yang kita kemajuan dan model terbentuk.

Seperti sebelumnya, cara terbaik untuk belajar bagaimana menggunakan Blender 2,5 adalah hanya terjebak dalam dan membuat model atau membangun obyek ... Jadi, mari kita terjebak masuk

Memulai ^ pemandangan baru

Tidak perlu untuk menambahkan objek baru ke tempat kejadian untuk proyek ini karena semua akan dilakukan dengan menggunakan 'primitif' objek kubus yang tersedia dalam adegan default. Jika anda tidak melihat objek hanya membuat 'baru' file dengan memilih "File>> New" dari menu Header daerah (seperti yang ditunjukkan di bawah); Blender 2.5 akan meminta Anda bahwa itu akan "Hapus Semua" dari adegan dalam rangka untuk melakukan hal ini. Klik 'peringatan' untuk mengkonfirmasi dan pemandangan default baru akan memuat - kubus panggung primitif dengan cahaya terpisah dan objek kamera ke satu sisi (yang tidak dibutuhkan tetapi akan dimuat sebagai bagian dari adegan default).


'Edit' mode dan mengedit objek mesh ^

Untuk membuat kursi ini perlu dibentuk oleh memanipulasi dan mengedit mesh itu sendiri. Untuk melakukan hal ini kita perlu 'Edit Mode' yang memberikan akses ke koleksi yang benar alat dan fungsi untuk memungkinkan mesh yang akan dipotong, dibentuk dan diubah untuk menghasilkan struktur umum yang diinginkan kursi 'a'.

Zoom ke tempat kejadian untuk membawa benda lebih dekat untuk melihat dan kemudian kanan Tombol Mouse (RMB) klik objek untuk memilih kubus primitif - semua objek yang dipilih dengan cara ini dengan Tombol Mouse kanan. Setelah dipilih, tekan tombol "TAB"untuk beralih (masuk dalam / luar) 'Edit Mode', obyek akan mengubah penampilan untuk sesuatu yang mirip dengan gambar yang ditampilkan di bawah ini - catatan perubahan sedikit dalam 'rak alat' di sisi kiri, yang berbeda dari 'tombol sensitif konteks' telah muncul.



'Loop Cuts' dan membagi ^ mesh

Sekarang kita sekarang dalam mode Edit kita bisa pergi ke depan dan mulai untuk membentuk mesh. Untuk melakukan ini kita harus menggunakan alat penting untuk setiap jenis pekerjaan pemodelan disebut "Loop Cut" alat - itu memiliki sejumlah fungsi yang berbeda dalam hal bagaimana suntingan mesh, namun salah satu dasar adalah hanya memotong 'cincin' atau 'loop' sekitar mesh dalam arah tertentu; memikirkan sebuah 'loop' sebagai dasarnya menjadi penampang objek, atau berpikir tentang seseorang mengambil spidol hitam dan menggambar garis di sekitar perut Anda, yang akan menjadi 'loop'single 'memotong' yang seluruh tubuh Anda berikut kontur Anda, dips dan bentuk umum. A 'Loop Cut' pada mesh adalah dasarnya sama.





Dengan objek dalam mode Edit ("TAB") memindahkan kursor mouse dekat mesh dan tekan Ctrl + R untuk memulai alat, alternatif tekan tombol "Loop Potong dan Slide" tombol di Diri Tool di sisi kiri layar . Sebuah garis merah muda muncul membungkus sendiri sekitar mesh primitif. Ini adalah panduan dipotong loop. Gerakkan mouse untuk memindahkan membimbing dan memperhatikan bahwa setiap kali mouse bergerak di atas tepi penanda melompat ke orientasi yang tegak lurus dengan tepi itu. Pada titik ini semua yang kita lakukan adalah memilih arah yang memotong akan dibuat.


Setelah arah telah dipilih, perlu 'set ' sehingga Blender tahu itu harus meletakkan loop dalam arah yang dipilih. Untuk melakukan hal ini hanya Waktu Tombol Mouse (LMB) klik, baris akan berubah kuning sebagai konfirmasi cut loop akan dibuat dalam arah yang dipilih, hal ini kemudian membebaskan mouse ke atas sehingga dapat digunakan untuk memindahkan panduan dipotong, pengaturan yang tepat posisi dari pemotongan dalam arah yang dipilih - pada titik ini mouse bisa digunakan untuk geser pemandu di permukaan, atau, menekan "Ctrl" sambil menggerakkan mouse, panduan ini akan snap grid Blender's sehingga memudahkan untuk memindahkan mouse dengan presisi atas kenaikan ditetapkan.

Silakan dan geser / snap panduan dipotong menjadi pusat objek. Untuk bantuan dalam melakukan tampilan ini ke bagian bawah kiri Tampilan 3D dan header menu tersebut, yang sementara hanya strip abu-abu, Anda akan melihat "Edge Persen Slide: [n]". Sebagai mouse bergerak nilai [n] akan berubah, ketika itu berbunyi "0.000" klik LMB untuk mengatur loopcut di tempat.


menambahkan pemotongan loop lebih pada ^ mesh

Langkah berikutnya adalah menambah jumlah pemotongan lain untuk jala sehingga berbagai bentuk yang diperlukan untuk kursi, yaitu punggung dan kaki dapat "diekstrusi". Menggunakan proses loopcut dijelaskan di atas, tambahkan empat lagi seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Tip yang baik untuk digunakan pada saat ini, untuk memastikan semua potongan yang sama, adalah dengan membuat catatan mental dari "Slide Persen Edge: [n]" nilai sebagai yang pertama dari loop tambahan ditempatkan. Kemudian, menggunakan nilai sebagai referensi, pemotongan berikutnya dapat dibuat sehingga mereka semua berakhir menjadi jarak yang sama dari sebelumnya dipotong centerlines dan tepi luar kubus - ingatlah untuk tahan tombol "Ctrl" sehingga alat loopcut terkunci untuk grid ketika bergerak dan pemotongan dilakukan. Kubus harus berakhir tampak seperti gambar di bawah ini. Ini adalah template bangunan-blok dasar dari kursi yang akan dibuat.

Memilih wajah dan extruding ^

Seperti disebutkan di atas secara singkat objek paling dan seleksi elemen dilakukan menggunakan Tombol Mouse kanan, kita bisa memperpanjang kemampuan ini dengan menggunakan tombol "Shift" yang memungkinkan kita untuk de / item tambahan pilih. Apa yang akan kita lakukan selanjutnya adalah menggunakan fitur multi-pilih pada sejumlah wajah sehingga kita kemudian dapat menggunakan mereka untuk membuat bagian belakang kursi.

Sebelum melakukan ini ingat untuk menggunakan MMB untuk memutar / zoom adegan sehingga Anda sedang melihat, atau dengan jelas dapat melihat, bagian atas mesh (jika Anda belum) kemudian tahan "SHIFT" dan kemudian klik baris RMB wajah sepanjang satu sisi wajah satu mesh pada suatu waktu, Anda harus berakhir dengan sesuatu yang mirip dengan gambar di bawah ini.

Extrude wajah: Tool Shelf wilayah mengusir ^

Atau, dalam "Tool Shelf" di sebelah kiri, klik tombol berjudul "Extrude Daerah", wajah-wajah yang dipilih akan melompat untuk menunjukkan mereka diekstrusi, klik RMB untuk melepaskan wajah dan secara otomatis mengaktifkan opsi Daerah Extrude alat yang lebih rendah setengah dari Shelf Tool (geser pembatas untuk memperluas bagian jika perlu). Dengan pilihan ini sekarang aktif posisi dan orientasi item yang dipilih dapat dikendalikan menggunakan serangkaian parameter 'sumbu' 'jarak' dan dapat disesuaikan (berdasarkan pengukuran 'unit' on) untuk memindahkan dari awalnya diekstrusi wajah untuk membuat kursi belakang (ditampilkan di bawah).

Tambahan alat, kawat garis besar tampilan modus ^

Sementara alat ini tidak secara khusus perlu untuk membuat kursi, ia datang berguna selama proses pemodelan karena menempatkan 'kawat' sekitar mesh yang bertindak sebagai alat bantu visual, membantu untuk membedakan bentuk dan bentuk dari suatu obyek karena garis hitam tipis.

Untuk mengaktifkan ini, pilih kursi dan klik "Object" tombol dari panel "Properties" di sebelah kanan. Cari "Tampilan" (Anda mungkin perlu scroll ke bawah untuk itu tergantung pada resolusi layar Anda) dan klik "Kawat" sehingga menjadi aktif kotak centang (cek / centang akan muncul) menyebabkan objek untuk menampilkan dengan garis sebuah 'kawat' kurus hitam (catatan bahwa ini adalah fitur yang berbeda dengan yang melihat mesh dalam mode 'kawat-frame').

14.12.10

blender

Blender adalah suatu nama sederhana untuk layanan open source yang keren. Blender adalah sebuah suite open-source yang benar-benar gratis yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D, shading 3D, render 3D, game 3D, dan banyak lagi. Jika Anda mencari sebuah generator grafis lanjutan dan kaya fitur 3D, Blender adalah program yang Anda cari.

Menggunakan Blender, Anda dapat membuat beberapa model 3D paling realistis yang dapat Anda pikirkan. Anda kemudian dapat menghidupkan kreasi 3D Anda dan bahkan membuat game 3D menggunakan Blender. Berikut adalah beberapa fitur-fitur utama dari perangkat lunak Blender:

Interface – Tata letak jendela yang dapat disesuaikan secara keseluruhan, membatalkan dukungan untuk semua level, font anti-alias dan dukungan internasional, tema kustom, dan lain-lain.
Animasi – animasi non-linear editor untuk pencampuran, walkcycles otomatis di sepanjang jalan, kemampuan morphing, pemutaran audio dan pencampuran untuk sinkronisasi suara, dan lain-lain.
Modeling – Rentang objek 3D termasuk jerat poligon, kurva B-line, font vektor. Kemampuan multi-resolusi dengan kuas 2D/3D, akses python scripting untuk alat kustom.
Rendering – Banyak efek termasuk gerakan blur, oversampling, non-square pixel, halo, lensa suar, kabut, dan lain-lain.
Realtime 3D/Penciptaan Game – Grafis logis untuk menentukan perilaku tanpa perlu coding, deteksi tabrakan dan simulasi dinamis, dukungan penuh untuk dinamika kendaraan (gesekan, dan lain-lain), mendukung semua mode pencahayaan OpenGL, pemutaran game, dan lain-lain.
Hal menarik lainnya tentang Blender adalah bahwa ia bekerja pada berbagai macam sistem operasi dan platform, termasuk Windows, Linux, Mac OS X, Linux PPC, Solaris, FreeBSD, dan Irix.

Blender 3D adalah software gratis yang bisa anda gunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender 3D yang merupakan software gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia. Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI.

Dengan Blender 3D anda bisa membuat objek 3D animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya.
Blender 3D memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut :
1. interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
6. File Berukuran kecil
7. dan tentu saja gratis
Berikut ini beberapa screenshot gambar dan animasi 3 dimensi hasil desain dari Blender 3D

12.12.10

FLASH

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis.